PENGERTIAN DAN MACAM – MACAM SIMBIOSIS

PENGERTIAN DAN MACAM – MACAM SIMBIOSIS

PENGERTIAN DAN MACAM – MACAM SIMBIOSIS


Oke sob kali ini saya akan membagi informasi mengenai pengertian dan macam – macam simbiosis. Simbiosis adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis atau spesies yang hidup dalam suatu lingkungan.

Simbiosis itu sendiri di bagi menjadi 3 jenis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme dan simbiosis komensalisme
1.       Simbiosis Mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis yang saling menguntungkan satu sama lain..
Contohnya:
a.       Bunga dan Lebah
Pada kasus ini terjadi simbiosis mutualisme karena bunga menyediakan makanan bagi lebah sedangkan lebah membantu bunga dalam proses penyerbukan.
b.      Jamur dan Ganggang
Pada kasus ini terjadi simbiosis mutualisme karena jamur dn ganggang merupakan dua jenis tanaman yang saling mempengaruhi hidup satu sama lain (saling ketergantungan hidup) dan mereka tidak bisa hidup mandiri.
2.       Simbiosis Parasitisme adalah hubungan antara dua mangkhluk hidup yang berbeda dimana salah satu pihak mendapat untung sedangkan pihak yang lainnya mendapatkan rugi. Dalam simbiosis ini pihak yang mendapat untung di sebut parasi sedangkan yang dirugikan di sebut inang
Contohnya:
a.       Cacing Pita
Cacing ini adalah hewan yang hidup di dalam usus manusia dan cacing ini menyerap sari – sari makanan dari dalam tubuh manusia sehingga tubuh manusia menjadi kurus.
Cacing pita = parasi
Manusia = inang
b.      Kutu Kepala
Kutu ini hidup di kepala manusia dan makan dengan cara menghisap darang manusia .
Kutu Kepala = parasi
Manusia = inang.
3.       Simbiosis Komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda dimana salah satu pihak mendapatkan untung sedangkan pihak lain tidak merasa dirugikan.
Contohnya:
a.       Ikan Hiu dan Ikan Remora
b.      Burung Jalak dan Kerbau.
Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan untuk kalian semua untuk menambah wawasan kita semoga bermanfaat untuk kita semua amiin.... Terima Kasih..............
Blogger
Sistem Komentar

No comments

Advertiser